INTRUMEN DETEKSI DINI
ANAK TUNAGRAHITANama :
.............................
Jenis Kelamin : .............................
Umur :
..............................
Kelas :
.............................
No
|
Aspek
Penilaian
|
Tidak
Bisa Sama Sekali
|
Bisa
Dengan Bantuan Verbal dan Nonverbal
|
Bisa
Dengan Bantuan Verbal
|
Bisa
|
1.
|
1.1 Kemampuan Motorik Kasar
|
|
|
|
|
|
a.
Kemampuan berjalan
|
|
|
|
|
|
b.
Kemampuan duduk
|
|
|
|
|
|
c.
Kemampuan menendang bola
|
|
|
|
|
|
d.
Kemampuan berlari
|
|
|
|
|
|
e.
Kemampuan naik turun tangga
|
|
|
|
|
|
f.
Kemampuan menggiring bola
|
|
|
|
|
|
g.
Kemampuan menangkap bola
|
|
|
|
|
|
h.
Kemampuan melompat
|
|
|
|
|
|
i.
Kemampuan mendorong kursi
|
|
|
|
|
|
1.2 Kemampuan Motorik Halus
|
|
|
|
|
|
a.
Anak mampu menggunting kertas
|
|
|
|
|
|
b.
Menggambar
|
|
|
|
|
|
c.
Anak mampu menulis
|
|
|
|
|
|
d.
Anak mampu menjahit
|
|
|
|
|
|
e.
Anak mampu membuat kerajinan dari kertas
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan Komunikasi
|
|
|
|
|
|
A. Kemampuan komunikasi aktif
|
|
|
|
|
|
a.
Anak mampu terlibat dalam pembicaraan sesuai
dengan apa yang sedang
dibicarakan (cerewet)
|
|
|
|
|
|
b.
Anak mampu menggunakan kata-kata yang
dilebih-lebihkan (hiperbola) untuk menarik perhatian
|
|
|
|
|
|
c.
Anak suka menggunakan istilah populer untuk emosi pada
teman sebayanya
|
|
|
|
|
|
B. Kemampuan komunikasi pasif
|
|
|
|
|
|
a.
Anak mampu mengerti arti kata
yang disampaikan orang lain
|
|
|
|
|
|
b.
Anak mampu memilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan
maksudnya
|
|
|
|
|
3.
|
Tingkah Laku Sosial dan Emosi
|
|
|
|
|
|
A. Aspek Emosi
|
|
|
|
|
|
a.
Anak sering menunjukkan mudah marah
|
|
|
|
|
|
b.
Anak sering membantah
|
|
|
|
|
|
c.
Anak sering tampak ketakutan
|
|
|
|
|
|
d.
Anak suka memisahkan diri (menarik diri) dari
teman-temannya saat di kelas
|
|
|
|
|
|
e.
Anak sering tampak malu-malu
|
|
|
|
|
|
f.
Anak menunjukkan tidak berani menatap jika
ditanya/diajak bicara
|
|
|
|
|
|
g.
Anak sering menunjukan perilaku gelisah
|
|
|
|
|
|
h.
Anak sering tampak murung
|
|
|
|
|
|
i.
Anak sering menangis
|
|
|
|
|
|
j.
Menunjukkan rasa kegembiraan
|
|
|
|
|
|
B. Aspek Tingkah Laku Sosial
|
|
|
|
|
|
a.
Anak dapat diajak dalam kegiatan menempel dan menyusun
gambar di papan tulis
|
|
|
|
|
|
b.
Anak mau diajak untuk membersihkan ruangan kelas/rumah
|
|
|
|
|
|
c.
Anak bisa mengikuti permainan sesuai dengan aturan permainan
|
|
|
|
|
|
d.
Anak biasanya bermain dengan anak lain
|
|
|
|
|
|
e.
Anak cepat bergaul dengan teman yang baru dikenalnya
|
|
|
|
|
|
f.
Anak berusaha mengerjakan tugas/sesuatu lebih cepat/lebih
baik dari orang lain
|
|
|
|
|
|
g.
Anak mau meminjamkan barang/mainannya kepada anak lain
|
|
|
|
|
|
h.
Anak mau bergaul dengan siapa pun
|
|
|
|
|
|
i.
Anak mau mendengarkan pendapat teman/orang lain dalam
memutuskan sesuatu
|
|
|
|
|
|
j.
Anak suka meniru benda/pakaian/tas/sepatu orang lain
|
|
|
|
|
|
k.
Anak suka menendang/memukul/mencubit oranglain
|
|
|
|
|
|
l.
Anak suka bertengkar
|
|
|
|
|
|
m.
Anak suka menyuruh/memaksa orang lain untuk
mengerjakan sesuatu
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan Kecerdasan
|
|
|
|
|
|
a.
Anak mampu menyebutkan bilangan 1-10
|
|
|
|
|
|
b.
Anak mampu membedakan warna
|
|
|
|
|
|
c.
Anak mampu membedakan bentuk ruang
|
|
|
|
|
|
d.
anak mampu menghafal huruf A-Z
|
|
|
|
|
|
e.
Anak mampu membaca dengan jelas
|
|
|
|
|
|
f.
Anak mampu memahami isi bacaan
|
|
|
|
|
|
g.
Anak mampu mengelompokkan benda-benda
|
|
|
|
|
|
h.
Anak mampu menghitung angka-angka dan bilangan
|
|
|
|
|
|
i.
Anak mampu memecahkan masalah (problem
solving) yang sederhana
|
|
|
|
|
|
j.
Anak gemar membaca dan mendengarkan cerita
|
|
|
|
|
|
k.
Anak mampu menulis kata-kata dan kalimat
sederhana
|
|
|
|
|
|
l.
Anak mampu mengarang sebuah kalimat atau
cerita
|
|
|
|
|
|
m.
Anak mampu menulis angka-angka dengan tepat
|
|
|
|
|
5.
|
Kemampuan Menolong Diri
|
|
|
|
|
|
a.
Anak mampu makan dan minum dengan baik tidak
berceceran
|
|
|
|
|
|
b.
Anak mampu menjaga kebersihan diri
|
|
|
|
|
|
c.
Anak mampu berpakaian dengan rapi
|
|
|
|
|
|
d.
Anak mampu menjaga keselamatan diri
|
|
|
|
|
|
e.
Anak mampu berorentasi pada lingkungan
|
|
|
|
|
b. Bisa dengan bantuan verbal dan non verbal >skor 2
c. Bisa dengan bantuan verbal >skor 3
d. Bisa >skor 4
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Kemampuan berkomunikasi :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Kemampuan tingkah laku sosial dan emosi :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Kemampuan kecerdasan :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Kemampuan menolong diri sendiri :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Casinos Near Harrah's Las Vegas - Mapyro
BalasHapusLas Vegas is known 춘천 출장샵 for 경산 출장안마 being one of 서귀포 출장마사지 the most exciting casinos in town. This place is home to many great restaurants and 충청북도 출장샵 entertainment options. 안양 출장안마 Map